Sunday, September 16, 2012

Informasi Boeing 737

Boeing 737
sumber :http://pkn.informasibandara.org/index.php?option=com_content&view=article&id=66:boeing-737-series&catid=27:new-to-joomla&Itemid=58

Boeing 737 Series paling banyak digunakan di penerbangan jarak pendek di Indonesia, Tipe ini mempunyai beberapa variant jenis yang dari tahun ke tahun mengalami penyempurnaan.
Beberapa Jenisnya yaitu diawali dari :


Variasi (sumber http://wikipedia.com )


  • Original: Boeing 737-100 dan Boeing 737 -200 (Dibangun dalam 1967 - 1988)
  • Klasik: Boeing 737-300, -400, dan -500 (Dibangun dalam 1983 - 2000)
  • 'Next-Generation' (atau 737 NG): 737-600, -700, -800, dan -900 (Dibangun dari 1997 - )
  • MAX(atau 737 MAX):737-7,-8,-9(terbang perdana tahun 2017)
  • 737-100 — terkecil, model pertama
  • 737-200 — seri -100 yang dipanjangkan untuk memenuhi pasaran Amerika Serikat , variasi-variasi lain:
  • 737-221 (Pan American World Airways)
  • 737-222 (United Airlines)
  • 737-233 (Air Canada)
  • 737-2B7 (USAir)
  • 737-500, 737-600 — seri pendek untuk -300 dan -700
  • 737-300, 737-700 — model baru, seperti 737-200 yang dipanjangkan
  • 737-400, 737-800 — seri yang dipanjangkan untuk digunakan untuk penerbangan ulang alik dan kegunaan korporat
  • 737-900 dan 900X — versi terbaru yang dipanjangkan
  • 737-700IGW, 737-800ERX — variasi untuk kegunaan militer(lihat #Variasi Militer).
  • 'Boeing 737 MAX'(737-7,-8,-9)Varian terbaru dari Boeing 737.

Seri-seri 737 dibagi menjadi empat kategori, yaitu:
Variasi juga terdapat dalam separuh pesawat dalam generasi yang sama:
Terdapat juga variasi 737 yang lain yaitu Boeing Business Jet (BBJ dan BBJ2). Desain ini berdasarkan seri -700 tetapi sayapnya disesuaikan dengan sayap seri -800, sedangkan BBJ2 adalah berdasarkan 737-800. BBJ berupaya untuk terbang lebih jauh dan kebanyakan pesawat ini digunakan untuk pesawat pribadi para eksekutif perusahaan besar dan pesawat pemerintahan di dunia.

Boeing 737 Classic :
Terdiri dari 737 seri 100 dan 200 yang memiliki kecepatan  Mach 0,74, 420 knots (780 km/h) . Tipe ini biasa juga di sebut original karena merupakan tipe perintis 737. Seri 200 merupakan perpanjangan dari seri 100 yang di ciptakan sebelumnya. Dilengkapi dengan 2 engine Pratt & Whitney JT8D. Dengan tipe turbofan.
BOEING 737-100
Adalah desain pertama Boeing 737 karena bentuknya yang pendek dan gemuk Boeing menjulukinya Fat Little Ugly Fella (FLUF) dan dunia penerbangan menyebutnya Baby Boeing. Pesawat ini menggunakan mesin Pratt and Whitney JT8D. Pesawat ini berkapasitas 100 seat terbang perdana pada tanggal 9 april 1967 dan dikomersialkan pertama kali oleh Luthfansa pada awal Februari 1968.

Boeing 737 - 100













Cockpit 737 -100














BOEING 737-200
Pembuatanya dilakukan hampir bersamaan  dengan Boeing 737-100. Dengan kapasitas yang lebih besar 1.93m ( 6ft 4in) dan melakukan penerbangan pertamanya pada tanggal 8 Agustus 1967. Pesawat ini menggunakan mesin Pratt and Whitney JT8D dan berkapasitas 115 seat - 130 seat. Boeing jenis ini laku keras di pasaran sebanyak 1114 unit telah terjual.Dan diproduksi sampai 1988. Boeing 737-100 dan 737-200 disebut juga boeing varian origin.

Boeing 737 - 200











Cockpit 737 - 200
















Boeing 737 Series :
Terdiri dari seri 737 -300 , -400, -500 . Saat ini paling banyak di gunakan di penerbangan jarak menengah di Indonesia. Menggunakan 2 engine CFMI CFM56-3.

BOEING 737-300
Pembuatanya dimulai pada Tahun 1980,dan di luncurkan pada tahun 1981. pesawat ini dirancang dengan  kapasitas 128 penumpang dan daya jelajah 4,700 km. Dengan menggunakan mesin CFM56-3B-1 high bypass turbofan pesawat ini mampu melaju pada kecepatan 855km/h. Boeing 737 - 300 adalah seri 737  variant  klasik yang pertama kali di buat.
Boeing 737 - 300












Cockpit 737 - 300










BOEING 737-400
Boeing 737-400 diluncurkan pada tahun 1985 Piedmont Airlines adalah maskapai pertama yang memesan 25 pesawat. seri ini adalah seri 300 yang diperlebar dan di panjang. masih menggunakan mesin CFM Internasional seri 56-3. pesawat ini berkapasitas 159 penumpang dengan daya jelajah 4,000km dengan kecepatan maximum  780 km/h.

Boeing 737 - 400












Cockpit 737 - 400











BOEING 737-500
Seri 500 Adalah Boeing seri 737 Variant klasik yang terakhir yang diluncurkan pada tahun 1987. Pesawat ini sangat mirip dengan seri 200 karena memang pembuatan pesawat ini ditujukan sebagai pengganti seri tersebut. dengan menggunakan teknologi yang lebih canggih pesawat ini lebih ramah lingkungan karena tingkat kebisingan dapat dikurangi pada pesawat ini. pesawat ini menggunakan mesin CFM56-3B-1 dengan kapasitas 123 penumpang dengan daya jelajah 4400km.

Boeing 737 - 500

Cockpit 737 - 500














Boeing 737 Next Generation :
Terdiri dari variant Boeing 737 - 600, -700, -800, dan -900
  • Jangkauan jelajah maksimum:
    • 3.050 mil laut (5.650 km) (600)
    • 3.060 mil laut (5.670 km) (700, 800)
    • 2.745 mil laut (5.080 km) (900)
  • Jarak dari ujung sayap kiri ke ujung sayap kanan: antara 28,3 m sampai 34,3 m (93,0 kaki - 112,6 kaki) (36 m untuk sayap bagi -700, -800, -900)
  • Panjang:
    • 31,2 m (102,5 kaki) (600)
    • 39,5 m (129,5 kaki) (700, 800)
    • 42,1 m (138,2 kaki) (900)
  • Ketinggian ekor pesawat:
    • 12,6 m (41,3 kaki) (600)
    • 12,5 m (41,2 kaki) (700, 800, 900)
  • Berat maksimum saat lepas landas(takeoff):
    • 65.090 kg (143.500 lb) (600)
    • 79.010 kg (174.200 lb) (700, 800, 900)


BOEING 737-600
Pesawat ini ditujukan sebagai pengganti Seri 500 Klasik, berkapasitas 110 penumpang dengan daya jelajah lebih jauh dari 500s yaitu 5600km, menggunakan mesin CFM 56-7






























BOEING 737-700
Seri 700 adalah seri 737 NG yang pertama kali di luncurkan, yaitu pada tahun 1993. Seri ini pembuatannya dengan menggunakan rancangan seri 300 klasik. Pesawat ini berkapasitas 149 penumpang dan menggunakan mesin CFM 56-7 dengan daya jelajah 6200 km. dalam pengembanganya munculah seri700 c dan 700ER.



























BOEING 737-800
Pesawat ini di luncurkan oleh Hapag-Lloyd Flug (sekarang TUIfly ) pada tahun 1994 dan memasuki layanan pada tahun 1998. Dengan menggunakan mesin CFM 56-7B27 Pesawat ini lebih irit bahan bakar dan mampu terbang sejauh 7000 km. Seri 800 berkapasitas 162 penumpang dan merupakan pengganti seri 727-200.














BOEING 737-900
Di terbangkan pertama kali oleh Alaska Airline pada tahun 1997. seri 900 merupakan seri terpanjang dan paling canggih pada boeing 737 series. Mengadaptasi teknologi seri 800 pesawat ini mampu menampung 177 penumpang. dan perkembangan selanjutnya munculah737-900 ER yang digulirkan dari Renton, Washington pada tanggal 8 Agustus 2006, Terbang perdana tanggal 27 April 2007 oleh Lion Air. 900 ER mampu mengangkut 215 penumpang dengan daya jelajah 5900 km, sedang 900 standar mampu terbang sejauh 3800 km. Pesawat ini menggunakan mesin CFM 56-7.










Boeing 737 MAX

Pada tanggal 20 Juli 2011, Boeing mengumumkan rencana untuk versi 737 baru dan Pada tanggal 30 Agustus 2011, Boeing menegaskan peluncuran varian mesin 737 yang baru, yang disebut 737 MAX. Setidaknya sudah 496 pesanan yang telah diterima Boeing untuk pembuatan pesawat ini. Pesawat ini dirancang menggunakan mesin dari CFM International LEAP-X yang menggunakan teknologi yang lebih hemat bahan bakar. diperkirakan proyek ini selesai 2016 nanti.














Terdapat juga variasi 737 yang lain yaitu Boeing Business Jet (BBJ dan BBJ2). Desain ini berdasarkan seri -700 tetapi sayapnya disesuaikan dengan sayap seri -800, sedangkan BBJ2 adalah berdasarkan 737-800. BBJ berupaya untuk terbang lebih jauh dan kebanyakan pesawat ini digunakan untuk pesawat pribadi para eksekutif perusahaan besar dan pesawat pemerintahan di dunia.

BBJ 737 -700

BBJ 737 - 800